NUR ARUKHUL AMILIA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018290PMT.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018290PMT.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018290PMT.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018290PMT.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018290PMT.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018290PMT.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018290PMT.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018290PMT.pdf Download (614kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018290PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018290PMT.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018290PMT.pdf Download (418kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Dessiminate). Penelitian ini dilakukan di SMP Telekomunikasi Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas untuk mengetahui tingkat kevalidan produk, angket uji praktikalitas untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk serta data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Data diperoleh melalui proses validasi oleh validator, proses praktikalitas oleh siswa, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Lembar Kerja Siswa hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidan 87,84% (sangat valid), tingkat kepraktisan 83,67% (sangat praktis) pada kelompok kecil dan 87% (sangat praktis) pada kelompok terbatas serta tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa 89.07% (sangat baik). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan telah valid, praktis, dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 03:20 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 03:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12640 |
Actions (login required)
View Item |