HEFNI ARI SANTI (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018269PGMI.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018269PGMI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018269PGMI.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018269PGMI.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018269PGMI.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018269PGMI.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018269PGMI.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018269PGMI.pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018269PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018269PGMI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018269PGMI.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 80. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 65,71 dengan ketuntasan klasikal 46,42% atau tergolong “sangat kurang”. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 77,14 dengan ketuntasan klasikal 71,42% atau tergolong “cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 83,92 dengan ketuntasan klasikal 85,71% atau tergolong “sempurna”. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 05:24 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 05:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12594 |
Actions (login required)
View Item |