ANGGI NILA SARI (2018) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018187PAI.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018187PAI.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018187PAI.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018187PAI.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018187PAI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018187PAI.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018187PAI.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018187PAI.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018187PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018187PAI.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_2018187PAI.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu lingkungan sosial sekolah (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel terikat/dependent atau variabel Y). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar sebagian siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih rendah, dimana lingkungan sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 2 sudah kondusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Dumai. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, karyawan sekolah, dan siswa SMA Negeri 2 Dumai. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 4 wakil kepala sekolah, 9 staf sekolah, 65 guru, dan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Dumai yang terdiri dari 4 lokal dengan jumlah siswa 130 siswa. Sampel yang diambil sebesar 50% yaitu 65 siswa dari kelas XI IPS dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan melalui teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Dari analisis data dapat dilihat bahwa lingkungan sosial sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Dumai berada pada kategori “kuat” dengan persentase 71,06% melalui rekapitulasi hasil angket dan motivasi belajar siswa berada pada kategori “kuat” dengan persentase 67,46% melalui rekapitulasi hasil angket. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Dumai. Hasil ini ditandai dengan nilai rhitung > rtabel (0,250 < 0,637 > 0,325) dengan sig (0,000 < 0,05) lebih kecil dari probabilitas 0,05. Adapun persentase sumbangan pengaruh lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 40,6%, sedangkan sisanya sebesar 49,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Lingkungan Sosial Sekolah, Motivasi Belajar, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 Mar 2019 08:15 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 08:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12460 |
Actions (login required)
View Item |