PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN ANTARA SISWA DAN SISWI KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LUBUK DALAM KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK

MEROLA INDAH PURWATI, (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN ANTARA SISWA DAN SISWI KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LUBUK DALAM KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER-2018130PAI.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN-2018130PAI.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK-2018130PAI.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN-2018130PAI.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI-2018130PAI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I-2018130PAI.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II-2018130PAI.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III-2018130PAI.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV-2018130PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V-2018130PAI.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA-2018130PAI.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam membaca Alqur’an merupakan salah satu materi pembelajaran yang harus dipelajari siswa. Kegiatan membaca Alqur’an siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lubuk Dalam menjadi aktivitas rutin setiap 15 menit sebelum pelajaran dimulai pada pagi hari, bertujuan untuk menanamkan kebiasaan dan kelacaran dalam membaca Alqur’an pada diri siswa baik itu siswa maupun siswi. Meskipun telah dilakukan literasi membaca Alqur’an setiap paginya namun peneliti melihat masih saja terdapat siswa dalam membaca Alqur’an yang tidak lancar dan kurang tepat dalam pelafalan makharijul hurufnya. Dengan demikian rumusan masalah dari penelitian ini yaitu “Apakah ada perbedaan kemampuan membaca Alqur’an siswi dengan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lubuk Dalam?”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian perbandingan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang beragam Islam kelas XI berjumlah 111 siswa, sedangkan sampel berjumlah 45 siswa dan 66 siswi. Dengan tekhnik pengambilan sampel Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan tekhnik analisis data menggunakan teknik analisis komparasional tes t. Hasil penelitian diperoleh nilai to = 5,069 sedangkan nilai dari ttabel pada taraf signifikan 5 % maupun 1 % adalah sebagai berikut (1,98 < 5,069 > 2,63). Maka dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hal itu berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca Alqur’an siswa-siswi kelas XI di Sekolah Menengah Atas negeri 1 Lubuk Dalam. Perbedaan kemampuan membaca Alqur’an siswi lebih baik dibandingkan dengan siswa, hal terlihat dari nilai ratarata yang diperoleh, siswi dengan rata-rata nilai 86 dan siswa dengan rata-rata nilai 81

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 25 Mar 2019 06:28
Last Modified: 25 Mar 2019 06:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12392

Actions (login required)

View Item View Item