Yuni Hazni (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE REVERSAL QUESTIONS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 BATULANGKA KECIL KECAMATAN BANGKINANG BARAT KEBUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di kelas IV SDN 012 Batulangka Kecil Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang menunjukkan kurangnya aktivitas belajar siswa didalam belajar seperti : a) murid jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. b) masih ada siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tentang materi pelajaran pada proses pembelajaran. c) murid tidak memberikan tanggapan setelah guru menerangkan materi pelajaran. d) murid tidak memperhatikan guru ketika menyampaikan materi pelajaran. e) guru cenderung menerapkan strategi pembelajaran yang monoton sehingga murid-murid menjadi bosan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDN 012 Batulangka Kecil Kecamatan Bangkinang Barat Kebupaten Kampar dengan penerapan Strategi Role Reversal Questions. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan nilai persentase rata-rata 39%, dan setelah diterapkannya strategi pembelajaran role revearsal questions pada siklus pertama pertemuan prtama terjadi peningkatan pada persentase rata-rata 47% dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus pertemuan kedua memperoleh rata-rata persentase 54% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus kedua pertemuan pertama aktivitas belajar siswa rata-rata dikategorikan tinggi dengan persentase rata- rata 70%, dan pada pertemuan kedua meningkat dengan rata-rata persentase sebesar 81% dengan kategori sangat tinggi. Dan tingkat keberhasilan yang dicapai adalah 80% dari keseluruhan jumlah siswa, artinya hampir seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 04:07 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 04:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6233 |
Actions (login required)
View Item |