MEJI AZWANI, 11215203925 (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (541kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran partisipatif dengan discovery learning terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP IT Az-Zuhra Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Az-Zuhra Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan metode pembelajaran partisipatif dengan discovery learning. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran partisipatif dengan discovery learning, dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postest. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data,didapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran partisipatif dengan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP IT Az-Zuhra Pekanbaru. Hal ini terlihat dari hasil uji tes-t didapat sebesar thitung 3,661 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,02 Kata Kunci : Partisipatif, discovery learning, pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 03:32 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 03:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21597 |
Actions (login required)
View Item |