Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU

MEJI AZWANI, 11215203925 (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran partisipatif dengan discovery learning terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP IT Az-Zuhra Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Az-Zuhra Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan metode pembelajaran partisipatif dengan discovery learning. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran partisipatif dengan discovery learning, dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postest. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data,didapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran partisipatif dengan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP IT Az-Zuhra Pekanbaru. Hal ini terlihat dari hasil uji tes-t didapat sebesar thitung 3,661 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,02 Kata Kunci : Partisipatif, discovery learning, pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 22 Oct 2019 03:32
Last Modified: 22 Oct 2019 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21597

Actions (login required)

View Item View Item