WULAN HANDAYANI, 11315200526 (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (712kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (706kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (981kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan penalaran matematika antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal pada siswa SMP Negeri 1 Kampar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Untuk melihat hasil penelitian digunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Kemampuan penalaran matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. Jika dilihat dari perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen 58 dan kelas kontrol 46,30, 2) Kemampuan penalaran matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau berdasarkan kemampuan awal tinggi. Jika dilihat dari perbedaan ratarata tes untuk kelas eksperimen 76,8 dan kelas kontrol 73, 3) Kemampuan penalaran matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau berdasarkan kemampuan awal sedang. Jika dilihat dari perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen 60,8 dan kelas kontrol 48, 4) Kemampuan penalaran matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau berdasarkan kemampuan awal rendah. Jika dilihat dari perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen 35,3 dan kelas kontrol 24. Adanya interaksi pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan awal terhadap kemampuan koneksi matematis. Dengan demikian secara umum pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa. Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Kemampuan Penalaran Matematika, Kemampuan Awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 03:44 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 03:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20152 |
Actions (login required)
View Item |