Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)DENGANMETODE TANYA JAWABTERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMATRI BHAKTI PEKANBARU

DAHLIA, 11015202579 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)DENGANMETODE TANYA JAWABTERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMATRI BHAKTI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode konvensional yang masih mendominasi dalam setiap pembelajaran Matematika yang mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep matematika siswa. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Tanya jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Tanya jawab dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional di SMP Tri Bhakti Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tri Bhakti Pekanbaru sebanyak 72 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Tanya jawab. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus uji t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat dari perbandingan thitung dengan ttabel, dimana pada taraf 5% menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,82 > 2,00). Sehingga diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Tanya jawab dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Tri Bhakti Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Tanya Jawab, Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:26
Last Modified: 12 Sep 2019 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20049

Actions (login required)

View Item View Item