DAHLIA, 11015202579 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)DENGANMETODE TANYA JAWABTERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMATRI BHAKTI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (731kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode konvensional yang masih mendominasi dalam setiap pembelajaran Matematika yang mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep matematika siswa. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Tanya jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Tanya jawab dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional di SMP Tri Bhakti Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tri Bhakti Pekanbaru sebanyak 72 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Tanya jawab. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus uji t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat dari perbandingan thitung dengan ttabel, dimana pada taraf 5% menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,82 > 2,00). Sehingga diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Tanya jawab dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Tri Bhakti Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Tanya Jawab, Pemahaman Konsep Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:26 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20049 |
Actions (login required)
View Item |