SYAFRIKA PRANITA, 11215201391 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AZ-ZUHRA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (650kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (694kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis kontekstual yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa SMP IT Az-Zuhra Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa bahan ajar LKS dengan materi garis dan sudut dengan basis kontekstual untuk siswa kelas VII SMP. Model pengembangan yang dilakukan sesuai dengan Model 4-D (Define, Design, Develop, and Desseminate). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, lembar uji efektifitas, dan soal posttest. Berdasarkan hasil uji validitas dari ahli materi, LKS matematika berbasis kontekstual termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 81,6%. Sedangkan hasil uji validitas dari ahli tampilan termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 81%. Berdasarkan hasil uji praktikalitas saat uji kelompok kecil, LKS matematika berbasis kontekstual termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 80,87%. Sedangkan hasil uji praktikalitas saat uji kelompok besar termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 82%. Berdasarkan hasil posttest, LKS matematika berbasis kontekstual efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan adanya perbedaan secara signifikan antara rata-rata skor posttest kelas eksperimen 86,22 lebih besar dari rata-rata skor posttest kelas kontrol 73,90. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis kontekstual valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: LKS, Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 02:29 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 02:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19850 |
Actions (login required)
View Item |