RINI HARDIYANTI ALI, 11315203363 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (718kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (551kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan LKS berbasis pendekatan problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis ini dilakukan karena pada proses pembelajaran siswa menggunakan LKS yang pada umumnya kurang mengembangkan kegiatan pembelajaran yang membuat siswa kritis dan kreatif sedangkan pemanfaatan bahan ajar berbentuk LKS masih kurang terutama pada pembelajaran matematika dan pada proses pemanfaatan pendekatan belajar salah satunya problem based learning belum dioptimalkan serta berpikir kreatif matematis siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan problem based learning yang valid dan praktis serta untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi transformasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelompok kecil, 30 siswa kelompok terbatas dan objek penelitian adalah LKS matematika berbasis pendekatan problem based learning. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan soal tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. LKS hasil penelitian pengembangan ini telah teruji kevalidan yaitu 88,14% yaitu dengan kategori sangat valid, kepraktisan kelompok kecil yaitu 92,27% dengan kategori sangat praktis, kepraktisan kelompok terbatas yaitu 91,24% dengan kategori sangat praktis dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan LKS yaitu 84,38% (tinggi). Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS yang dikembangkan sudah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 07:40 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 07:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19597 |
Actions (login required)
View Item |