DEWI ZURYANIDA PUTRI, 11216201172 (2017) HUBUNGAN PENGUASAAN BAHAN PELAJARAN OLEH GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (608kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan penguasaan bahan pelajaran oleh guru dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Muhammdiyah 2 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa besar hubungan penguasaan bahan pelajaran oleh guru dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pengantar akuntansi dan siswa kelas X AK, sedangkan objeknya adalah hubungan penguasaan bahan pelajaran oleh guru dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pengantar akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Populasinya adalah guru pengantar akuntansi dan seluruh siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru sebanyak 98 orang. Jumlah sampel yang diambil 98 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan penguasaan bahan pelajaran oleh guru dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran kelas X AK pada mata pelajaran pengantar akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammdiyah 2 Pekanbaru. Hasil tersebut berdasarkan nilai r hitung>r table pada taraf signifikan 5% (202<0,601>0,263), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kontribusi hubungan penguasaan bahan pelajaran oleh guru dengan hasil belajar siswa tergolong dalam kategori kuat karena nilai koefisien korelasi 0,601, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi penguasaan bahan pelajaran yang dilakukan oleh guru maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa, dan sebaliknya semakin buruk penguasaan bahan pelajaran yang dilakukan oleh guru maka semakin buruk pula hasil belajar siswa. Kata Kunci : Penguasaan, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 07:13 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 07:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19141 |
Actions (login required)
View Item |