JUMATUL BAHRUL ALIM (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017748PAI.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017748PAI.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017748PAI.pdf Download (857kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2017748PAI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017748PAI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017748PAI.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017748PAI.pdf Download (793kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017748PAI.pdf Download (594kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017748PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017748PAI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017748PAI.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar sebagaimana di tunjukan seperti adanya siswa yang hanya duduk, diam, dan tidak mendengarkan ketika guru menjelaskan pelajaran, serta dijumpai Strategi pembelajaran kooperatif tipe examples non examples belum diterapkan oleh guru PAI dalam pembelajaran, adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah adapengaruh yang positif penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Examples Non Examplesterhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru?, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan VIII-2 yang masingmasingnya berjumlah 40 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2014/2015 pada semester Genap. Sedangkan sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Penulis mengambil sampel kelas VIII-1 dan VIII-2 dengan alasan karena terdapat masalah tentang kurangnya motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisa data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SMPN 16 Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor motivasi belajar siswa sebelum penerapan metode kooperatif tipe examples non examples di kelas kontrol dari 30.30 menjadi 30.95. Skor ini berada pada kategori rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen, skor motivasi belajar siswa sebelum dilaksanakan metode kooperatif tipe examples non examples dari rata-rata siswa sebelum penerapan metode kooperatif tipe examples non examples adalah 32.20. Setelah dilakukan dengan menerapkan metode kooperatif tipe examples non examples pada motivasi belajar siswa setelah dilaksanakan metode kooperatif tipe examples non examples, skor rata-rata siswa menjadi 34.50, dalam hal ini di tunjukan dengan uji t bahwa hasil t hitung lebih besar dari t tabel (1.990 <3.706 >2.64), dengan demikian Ha Diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan antara variabel kelas Eksperimen dengan variabel kelas Kontrol
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:30 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18571 |
Actions (login required)
View Item |