Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI KOLOID

RAHYUNI (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017713PK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017713PK.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017713PK.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017713PK.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017713PK.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017713PK.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017713PK.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017713PK.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017713PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017713PK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017713PK.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanah Putih yang dipengaruhi oleh kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran accelerated learning dengan menggunakan media crossword puzzle terhadap hasil belajar kimia pada materi koloid kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Putih. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir, dokumentasi dan observasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,46 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh penerapan metode pembelajaran accelerated learning dengan menggunakan media crossword puzzle terhadap hasil belajar kimia pada materi koloid kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Putih dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 16%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Accelerated Learning, Media Crossword Puzzle, Hasil Belajar, Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Aug 2019 06:25
Last Modified: 26 Aug 2019 06:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18247

Actions (login required)

View Item View Item