RAHYUNI (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017713PK.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017713PK.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017713PK.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017713PK.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017713PK.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017713PK.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017713PK.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017713PK.pdf Download (588kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017713PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017713PK.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017713PK.pdf Download (413kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanah Putih yang dipengaruhi oleh kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran accelerated learning dengan menggunakan media crossword puzzle terhadap hasil belajar kimia pada materi koloid kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Putih. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir, dokumentasi dan observasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,46 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh penerapan metode pembelajaran accelerated learning dengan menggunakan media crossword puzzle terhadap hasil belajar kimia pada materi koloid kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Putih dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 16%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Accelerated Learning, Media Crossword Puzzle, Hasil Belajar, Koloid
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 06:25 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 06:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18247 |
Actions (login required)
View Item |