JUMIYANTI (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017705PMT.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017705PMT.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017705PMT.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017705PMT.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017705PMT.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017705PMT.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017705PMT.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017705PMT.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017705PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017705PMT.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017705PMT.pdf Download (385kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LAS matematika berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi yang terdiri dari dosen dan guru serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 36 siswa untuk uji kelompok terbatas. Objek penelitian adalah LAS matematika berbasis penemuan terbimbing. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari angket dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara memberikan angket uji validitas LAS kepada validator, angket uji kepraktisan kepada siswa dan memberikan tes pemahaman konsep kepada siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji kepraktisan dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. LAS hasil penelitian pengembangan ini telah teruji kevalidan yaitu 84.5% yaitu dengan kategori sangat valid, kepraktisan kelompok kecil yaitu 93,0% dengan kategori sangat praktis, kepraktisan kelompok terbatas yaitu 94,0% dengan kategori sangat praktis dan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan LAS yaitu 88,0% (tinggi). Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LAS yang dikembangkan sudah valid, praktis dan dapat memfasilitasi pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: Lembar Aktivitas Siswa, Penemuan Terbimbing, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 05:20 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 05:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18236 |
Actions (login required)
View Item |