Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 PEKANBARU

MILLA EKA PUTRI, 11215201324 (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kebutuhan siswa dalam pembelajaran menggunakan bahan ajar sebagai pengalaman dalam belajar yang hanya menggunakan buku paket yang beredar di pasaran. Hal ini belum dapat memfasilitasi siswa dalam kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis proyek yang valid dan praktis serta dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun datar segiempat. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan 4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah para ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari guru dan dosen, serta 10 orang siswa untuk uji kelompok kecil dan 37 orang siswa untuk uji kelompok besar. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan hasil tes siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas modul yang dikembangkan tergolong dalam kriteria sangat valid (81,5%) dan praktis (72,52%) untuk kelompok kecil serta sangat praktis (80,16%) untuk kelompok terbatas, sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah menggunakan modul pembelajaran, termasuk kriteria tinggi (80,49%). Hal tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika materi bangun datar segiempat ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Proyek, Kemampuan Komunikasi Matemati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 20 Aug 2019 01:47
Last Modified: 20 Aug 2019 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17629

Actions (login required)

View Item View Item