ATAT TATI SOPIATI (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI (STUDY KOMPARASI SEKOLAH DASAR ISLAM INTEGRAL (SDII) LUQMAN AL-HAKIM DENGAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ULIL ALBAB BATAM). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201885TMPI_cover.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201885TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201885TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201885TMPI_DAFTAR IS1.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201885TMPI_ABSTRAK.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201885TMPI_BAB I.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201885TMPI_BAB II.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201885TMPI_BAB III.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text
9. 201885TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
||
|
Text
10. 201885TMPI_BAB V.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201885TMPI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (340kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian yang dilaksanakan di SDII Luqman Al-Hakim dan SDIT Ulil Albab, kedua sekolah menggunakan acuan dua kurikulum yaitu Kementerian Agama (Madrasah Ibtidaiyah) dan Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, sehingga untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diperlukan dalam sekolah ini lebih jauh lebih banyak dibandingkan dengan sekolah-sekolah dasar pada umumnya. Kondisi fisik kedua sekolah tersebut cukup membanggakan baik dari bangunan maupun dari jumlah siswa Permasalahannya adalah proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurang berhasil dalam pembentukan perilaku positif siswa Lemahnya aspek metodologi yang dikuasai oleh guru juga merupakan penyebab rendahnya kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalis, dan mendiskripsikan secara kritis-konsrtuktif terhadap manajemen pembelajaran PAI di SDII Luqman Al-Hakim dengan SDIT Ulil Albab Batam yang terdiri-dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini juga untuk mengetahui perbedaan manajemen pembelajaran PAI di SDII Luqman Al-Hakim dengan SDIT Ulil Albab Batam. Subyek penelitiannya melibatkan kepala sekolah, guru PAI, Waka Kurikulum, Waka. Kesiswaan dan siswa sebagai penyempurna penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah Field research (penelitian lapangan). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan mengkaji serta menganalisi data yang ditemukan atau metode analisis data Dengan metode tersebut, data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi data yang diterima dianalisis secara mendalam dan menyeluruh supaya memperoleh kesimpulan yang valid dan komprehensif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua sekolah sudah melaksanakan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran PAI, terdapat perbedaan dari kedua sekolah dalam melakukan penyusunan rencana program sekolah yang meliputi perumusan visi, misi, tujuan, struktur organisasi, struktur kurikulum, program-program pembelajaran, program unggulan, strategi pelaksanaan dan kegiatan aplikasi PAI. Hasil penelitian juga menilai keberadaan guru sebagai kunci keberhasilan dalam pembelajaran, oleh karena itu hendaknya antara kepala dan guru PAI bersinergi di dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 12 Aug 2019 08:54 |
Last Modified: | 12 Aug 2019 08:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17165 |
Actions (login required)
View Item |