Fattiya Nurpiddiyana, - (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
01. COVER.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
02. PENGESAHAN.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
04. PENGHARGAAN.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
05. DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB II.pdf Download (870kB) | Preview |
|
|
Text
08. BAB III.pdf Download (638kB) | Preview |
|
Text
09. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul yang valid, praktis dan dapat memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kampar Utara. Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kampar Utara. Objek penelitian adalah modul berbasis Discovery Learning. Jenis data dalam penelitian ini berupa dat kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data angket dan soal post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kuantitatif dan analisis deskriftif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, modul berbasis Discovery Learning dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 83,1%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul berbasis discovery learning dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 84,06%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes pemahaman konsep matematika siswa, modul berbasis discovery learning sudah memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa dengan persentase tingkat penguasaan pemahaman konsep yaitu 82,59% yang termasuk pada kategori tinggi. Kata Kunci: Modul, Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 06:47 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 06:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16909 |
Actions (login required)
View Item |