FATMA FADILLA RAHMI (2018) PENERAPAN METODE OUTDOOR ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS III SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018990PGMI.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018990PGMI.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018990PGMI.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018990PGMI.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018990PGMI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018990PGMI.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018990PGMI.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018990PGMI.pdf Download (550kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018990PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018990PGMI.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018990PGMI.pdf Download (410kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Metode Outdoor Activitydi Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya, siswa kurang berinisiatif untuk bertanya, siswa lebih sedikit menjawab pertanyaan guru dan kebanyakan siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 28 siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Darel Hikmah. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Outdoor Activity untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan hanya 58,03 dengan kategori cukup tinggi. Kemudian setelah menerapkan Metode Outdoor Activity pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 71,78 dengan kategori cukup tinggi. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 86,96 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Outdoor Activity dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Darel Hikmah Pekanbaru tahun pelajaran 2017-2018 Kata kunci: Aktivitas Belajar, Metode Outdoor Activity, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 07:06 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 07:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14163 |
Actions (login required)
View Item |