SOLIHIN (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA PERILAKU KEAGAMAAN PADA SISWA SMAN 3 BENGKALIS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201804TPAI_COVER.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201804TPAI_PENGSAHAN SOLIHIN.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201804TPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201804TPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201804TPAI_ABSTRAK.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201804TPAI_BAB I.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201804TPAI_BAB II.pdf Download (729kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201804TPAI_BAB III.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text
9. 201804TPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
||
|
Text
10. 201804TPAI_BAB V.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201804TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam tantangan dan permasalahan. Diantara permasalahannya adalah timbulnya berbagai macam bentuk kenakalan remaja. Masa remaja sangat potensial untuk berkembang ke arah negatif maupun positif. Oleh karena itu intervensi edukatif dalam bentuk pendidikan, bimbingan maupun pendampingansangat diperlukan untuk mengarahkan perkembangan potensi remaja tersebut agar berkembang ke arah yang positif dan produktif. Usaha tersebut tidak akan terlaksana tanpa adanya peran serta guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membina perilaku keagamaan pada siswa SMAN 3 Bengkalis. 2). Faktorfaktor yang mempengaruhi pembinaan perilaku keagamaan pada siswa SMAN 3 Bengkalis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI di SMAN 3 Bengkalis dan objeknya adalah strategi pembelajaran guru PAI dalam membina perilaku keagamaan siswa pada SMAN 3 Bengkalis. Teknik pengumpulan data di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data observasi dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Sedangkan data wawancara dianalisa dengan kualitatif. Dari hasil penelitian dengan teknik wawancara diketahui bahwa strategi yang digunakan oleh guru pendidikan agama Islam di SMAN 3 Bengkalis sebagian besar menggunakan pendekatan individual, para guru PAI lebih sering berhadapan langsung dengan siswa dalam membina perilaku keagamaan siswa. Dilihat dari hasil observasi maka guru PAI sudah membina perilaku keagamaan siswa pada SMAN 3 Bengkalis. faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan perilaku keagamaan pada siswa SMAN 3 Bengkalis yaitu faktor kurikulum, tenaga pendidik, orang tua dan lingkungan. Kata kunci: Strategi guru, pembelajaran PAI, perilaku keagamaan
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 07:47 |
Last Modified: | 13 Jun 2019 07:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13801 |
Actions (login required)
View Item |