Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF NEGATIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

WILLY SATYA RAMFITAS (2018) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF NEGATIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER WILLY_2018503KI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018503KI.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018503KI.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018503KI.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018503KI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018503KI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018503KI.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018503KI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018503KI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018503KI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018503KI.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peran guru bimbingan konseling dalam mereduksi perilaku agresif siswa di sekolah menengah atas negeri 12 Pekanbaru (2) faktor yang mempengaruhi peran guru bimbingan konseling dalam mereduksi perilaku agresif siswa di sekolah menengah atas negeri 12 pekanbaru. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah 5 orang guru bimbingan konseling sedangkan objek penelitiannya adalah peran guru bimbingan konseling dalam mereduksi perilaku agresif siswa di sekolah menengah atas negeri 12 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh akan dianalisis secara naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam mereduksi perilaku agresif siswa adalah menerima setiap laporan dari wali kelas, siswa dan pihak lainnya, kemudian diidentifikasi jenis agresifnya siswa yang berkelahi, siswa mencemooh siswa lain, siswa yang merusak barang teman nya, siswa yang melawan saat ditegur kesalahan nya oleh teman yang lain, siswa yang berkeliaran saat jam pelajaran berlangsung dan barulah dilakukan konseling individual dan layanan evaluasi. Faktor yang mempengaruhi peran guru bimbingan konseling dalam mereduksi perilaku agresif siswa, terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukung terdiri dari latar belakang guru bimbingan konseling yang empat orang lulusan S1 BK, dan satu orang lulusan S1 Psikologi. Didukung juga dengan kerja sama yang baik antar pihak-pihak terkait. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak tersedianya ruangan khusus konseling individual, dan waktu yang tidak mencukupi serta dana yang belum mencukupi untuk mendukung pelaksanaan layanan bimbingan konseling. Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan Konseling, Mereduksi, dan Perilaku Agresif Negatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:05
Last Modified: 30 Apr 2019 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12982

Actions (login required)

View Item View Item