DITYA YUSHARTINA (2018) PENERAPAN TEKNIK FISH BOWL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH BARU KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018396PGMI.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018396PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018396PGMI.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018396PGMI.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018396PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018396PGMI.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018396PGMI.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018396PGMI.pdf Download (548kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018396PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (992kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018396PGMI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018396PGMI.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Baru Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar melalui penerapan teknik Fish Bowl. Penelitian ini dilatar belakangi olehsiswa yang tidak mau bertanya, siswa enggan jika diminta maju ke depan kelas untuk mengerjakan latihan, apabila guru mengajukan pertanyaan, siswa hanya diam tanpa memberikan tanggapan, dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru ketika menyampaikan materi pelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalahpenerapan teknik Fish Bowldan aktivitas belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan persentase.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penerapan teknik Fish Bowl dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai rata-rata sebesar 59,52% dengan kategori “Kurang Tinggi”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I aktivitas belajar siswa meningkat dengan rata-rata sebesar 71,72% dengan kategori “Cukup Tinggi”. Pada siklus II aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 86,30% dengan kategori ”Tinggi”. Artinya ketuntasan hasil belajar siswa telah berhasil, yaitu 75%. Kata kunci: Teknik Fish Bowl, Akivitas Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 07:36 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 07:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12826 |
Actions (login required)
View Item |