NOPREPTI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE BENAR SALAH BERANTAI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI IKASARI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018303PK.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018303PK.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018303PK.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018303PK.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018303PK.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018303PK.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018303PK.pdf Download (771kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018303PK.pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018303PK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018303PK.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018303PK.pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas X Farmasi Iksari Pekanbaru masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran benar salah berantai menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X Farmasi Iksari Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas X6 Farmasi berjumlah (40 siswa) sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran benar salah berantai menggunakan macromedia flash, dan kelas X4 Farmasi berjumlah (39 siswa) sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil pengolahan data akhir menggunakan uji t pooled varians sehingga diperoleh nilai thitung = 2,95 sedangkan ttabel= 2,00 dan menunjukkan bahwa thitung> ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perolehan koefisien pengaruh sebesar 10,3%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran aktif benarsalah berantai menggunakan macromedia flash dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia pada pokok bahasan ikatan kimia di kelas X Farmasi Ikasari Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Benar Salah Berantai, Makromedia flash, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 01:22 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 01:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12664 |
Actions (login required)
View Item |