FIKA INDAH SARI (2025) PENGARUH PERMAINAN TAM-TAM BUKU TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.
|
Text (BAB GABUNGAN)
FILE LENGKAP KECUALI AHSIL PENELTIIAN (BAB IV)_compressed (4) - Fika Indahsari.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Fika Indahsari.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 2025. Download (643kB) |
||
|
Text (PERNYATAAN)
publikasi - Fika Indahsari.pdf - Published Version Download (110kB) | Preview |
Abstract
Fika Indah Sari (2025) : Pengaruh Permainan Tam-Tam Buku Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. Permainan Tam-Tam Buku adalah permainan yang bersifat kelompok, permainan ini dapat melatih keterampilan sosial, emosi dan bahasa anak. Terdapat permasalahan perkembangan emosional anak yaitu anak cenderung bermain sendiri, dan anak memilih diam ketika kegiatan berkelompok. Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh permainan Tam-Tam Buku terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen one group pretest posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B1 usia 5-6 tahun berjumlah 20 anak di TK Negeri Pembina 2. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh permainan Tam-Tam Buku terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. Populasi penelitian ini berjumlah 137 anak , kelompok A1 berjumlah 13 anak, kelompok A2 berjumlah 15 anak, kelompok B1 berjumlah 20 anak, kelompok B2 berjumlah 19 anak, kelompok B3 berjumlah 18 anak, kelompok B4 berjumlah 19 anak, kelompok B5 berjumlah 18 anak, kelompok B6 berjumlah 17 anak di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. Sampel yang diambil dalam penelitian ini merupakan purposive sampling dari populasi kelompok B1 yaitu 20 anak. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji-t. Berdasarkan analisis data perbandingan pre-test dan posttest, terdapat peningkatan yang signifikan dalam perkembangan emosional pada kegiatan pembelajaran menggunakan alat permainan edukatif kincir angin berwarna. Pada pre-test skor rata–rata 41% tergolong dalam kriteria Mulai Berkembang setelah perlakua skor rata-rata menjadi 88% dalam kriteria Berkembang Sangat Baik. Selanjutnya dilihat dari analisis statistik inferensial yang dimana pada uji-t pengambilan keputusan pertama menggunakan nilai signifikansi hasil uji-t menunjukkan nilai sig sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemainan Tam-Tam Buku terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru Kata Kunci : permainan Tam-Tam Buku, perkembangan emosional, anak usia dini
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
| Depositing User: | Mr. Supliadi | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:35 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Jul 2025 04:35 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
