Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI BERSAING TAUKE (PEMBELI BUAH KELAPA SAWIT ) DALAM MENARIK PELANGGAN DI DESA TAPUNG JAYA KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM

Titin Maroah (2014) STRATEGI BERSAING TAUKE (PEMBELI BUAH KELAPA SAWIT ) DALAM MENARIK PELANGGAN DI DESA TAPUNG JAYA KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan penulis mengenai strategi yang digunakan pengusaha tauke (Pembeli Buah Kelapa Sawit) di Desa Tapung Jaya Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu dalam menarik pelanggan. Strategi ini digunakan untuk kelangsungan usaha mereka, yang pada saat ini usaha tersebut sedang menurun. Penurunan ini terjadi karena berkurangnnya buah kelapa sawit sebagai bahan pembelian. Berkurangnnya buah kelapa sawit tersebut karena adanya penumbangan perkebunan sawit plasma. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi tauke (pembeli buah kelapa sawit) dalam menarik pelanggan di Desa Tapung Jaya ? dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi yang diguankan tauke dalam menarik pelanggannya? Tujuannya untuk untuk mengetahui strategi yang digunakan tauke (pembeli buah kelapa sawit) dalam menarik pelanggan. Untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam tentang strategi tauke (pembeli buah kelapa sawit) dalam menarik pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dari penelitian ini sebanyak 8 tauke sawit, karena jumlah populasinya sedikit sehingga semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampelnya adalah total sampling, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Desa Tapung Jaya Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu strategi bersaing tauke dalam menarik pelanggan menggunakan 4 strategi diantaranya strategi pemberian harga, strategi pemberian pinjaman, strategi pemberian bonus dan strategi pemilihan lokasi. Harga yang diberikan merupakan kesepakatan diantara kedua belah pihak. Pinjaman yang diberikan tidak menggunakan bunga. Bonus yang diberikan berupa barang yanng halal seperti kue lebaran, sirup, gula, minyak serta baju. Lokasi usaha yang dipilih tauke sawit dalam melayani pelanggannya adalah di halaman rumah mereka maing-masing. Strategi bersaing tauke sawit di Desa Tapung Jaya Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu telah sesuai dengan tinjauan ekonomi Islam karena tidak ada yang melanggar syariat Islam. Dari strategi pemberian harga, strategi pemberian pinjaman, strategi pemberian bonus serta strategi pemilihan lokasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 18 Nov 2016 08:00
Last Modified: 18 Nov 2016 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8959

Actions (login required)

View Item View Item