ANNUR ROSIDA SIREGAR, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 32 PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA.
|
Text
Surat pernyataan bebas pustaka - ANNUR ROSIDA SIREGAR TADRIS Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
TANPA BAB IV-1-1 - ANNUR ROSIDA SIREGAR TADRIS Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (HASIL)
PEMBAHASAN - ANNUR ROSIDA SIREGAR TADRIS Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 32 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang belum mencapai nilai KKTP yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75, rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi IPS yang telah diajarkan oleh guru. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 179 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 70 siswa, yaitu siswa kelas VII-2 berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-4 berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol, dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji hipotesis, uji effect size dan N-gain score. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa model pembelajaran cooperative script dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis memperoleh t hitung > t tabel yaitu 3,202 > 1,691 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun persentase pengaruh model pembelajaran coperative script terhasil hasil belajar siswa dari perhitungan effect size sebesar 0,71 (0,71%) dengan kategori moderate effect (effect sedang). Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS | ||||||||
| Depositing User: | Gusneli - | ||||||||
| Date Deposited: | 11 Jun 2025 08:36 | ||||||||
| Last Modified: | 11 Jun 2025 08:37 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
