Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

INDRIATI ASTUTI, - (2024) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Indriati Astuti (2024): Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. Hasil belajar adalah suatu penilaian akhir dari proses kegiatan belajar mengajar untuk melihat sejauh mana siswa dapat menguasai pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran problem based learning dengan inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di kelas X SMA Negeri 3 Tapung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest, control gruop design dimana subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda yang dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian posttest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,042 0,05 yang artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan model pembelajaran problem based learning dengan siswa kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran inquiry. Perbedaan tersebut dilihat dari nilai rata-rata posttest hasil belajar siswa dari kedua model yaitu nilai rata-rata posttest model problem based learning sebesar 83,25 dan nilai rata-rata posttest model inquiry sebesar 78,13. Siswa yang diberi perlakuan pembelajaran problem based learning memiliki hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran inquiry. Kata Kunci : Problem Based Learning, Inquiry, Hasil Belajar, Hukum-Hukum Dasar Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFITRI REFELITA, -2031126802fitrirefelita@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Nov 2024 07:45
Last Modified: 25 Nov 2024 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84628

Actions (login required)

View Item View Item