Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE DRILL DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MASMUR PEKANBARU

IDA ELVIRA, - (2024) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE DRILL DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MASMUR PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IDA ELVIRA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Ida Elvira, (2024): EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE DRILL DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MASMUR PEKANBARU Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Metode Drill dengan Media Kotak Kartu Misteri (Kokami) untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Drill dengan Media Kotak Kartu Misteri (Kokami) efektif untuk meningkatkan Penguasaah Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru?”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru yang berjumlah 49 siswa. Dengan siswa kelas 8.1 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 21 siswa dan siswa kelas 8.2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 23 siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru. Objek Penelitian ini adalah Efektivitas Metode Drill dengan Media Kotak Kartu Misteri untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru. Instrumen Penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat Efektivitas Penggunaan Metode Drill dengan Media Kotak Kartu Misteri untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Drill dapat meningkatkan Penguasaan Mufrodat siswa kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru, dengan nilai pretest post-test memperoleh sig 0.004 < 0.05 dengan niali t hitung lebih besar daripada nilai t tabel, yaitu 3.001 > 1.746. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa Penggunaan Metode Drill dengan Media Kotak Kartu Misteri efektif untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VIII dalam Pembelajaran Bahasa Arab MTs Masmur Pekanbaru. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Drill, Kokami, Penguasaan Mufrodat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurcahaya, -2016017701nurcahaya@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:44
Last Modified: 19 Sep 2024 06:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84113

Actions (login required)

View Item View Item