RADIA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran everyone is teacher here terhadap rasa percaya diri siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang memiliki rasa percaya diri dalam proses pembelajaran diantaranya siswa kurang mampu bertindak mandiri dalam mengambil keputusan serta terbatasnya tingkat percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah 194 siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.E berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Sebelum dilakukan penelitian diadakan uji validitas dan reliabilitas angket percaya diri siswa yang akan disebarkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji effect size dan uji N-gain score dengan dibantu aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa pengaruh model pembelajaran everyone is teacher here terhadap rasa percaya diri siswa dapat disimpulkan yaitu rata-rata rasa percaya diri siswa menggunakan model pembelajaran everyone is teacher here lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu rata-rata posttest kelas eksperimen 67.63 sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata posttest 62.18, hal ini dapat diketahui dari thitung (2.988) > ttabel (1.665). Berdasarkan hasil perhitungan data effect size diketahui bahwa nilai effect size sebesar 0.34, dengan demikian pengaruh model pembelajaran everyone is teacher here terhadap rasa percaya diri siswa memiliki pengaruh dengan kategori efek sederhana.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2024 00:35 | ||||||||
Last Modified: | 18 Sep 2024 00:35 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84109 |
Actions (login required)
View Item |