Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FABEL PADA SISWA SMP NEGERI 1 BATANG CENAKU

RESI HERLINA, - (2024) PENGARUH METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FABEL PADA SISWA SMP NEGERI 1 BATANG CENAKU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

RESI HERLINA(2024) : PENGARUH METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FABEL PADA SISWA SMP NEGERI 1 BATANG CENAKU Penggunaan metode latihan terbimbing dengan bantuan media gambar dalam proses pembelajaran memberikan kemudahan bagi guru untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode latihan terbimbing dengan bantuan media gambar terhadap keterampilan menulis cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Cenaku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimenal dengan desain Posttest Only Control Desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes unjuk kerja atau penugasan membuat teks cerita fabel. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji t-tes (Independent Samples Test). Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kelas yang menggunakan metode latihan terbimbing dengan bantuan media gambar adalah 78.45, sementara kelas yang tidak menggunakan metode latihan terbimbing dengan bantuan media gambar adalah 72.77. Diketahui bahwa nilai thitung > ttabel (2.134 > 1.681) yang diperoleh dengan memperhatikan tabel distribusi t dengan taraf signifikan a = 0,05. Perbedaan nilai pada uji t menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunaan metode latihan terbimbing dengan bantuan media gambar. Kata Kunci: Metode Latihan Terbimbing, Cerita Fabel, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorVera Sardila2015027401Vera Sardila@uin-suska.ac.id
Subjects: 400 Bahasa
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:40
Last Modified: 07 Aug 2024 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84072

Actions (login required)

View Item View Item