Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEPEMILIKAN SERTIFIKASI HALAL DAN DAYA SAING PRODUK TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PELAKU UMKM (STUDI KASUS RAUN RAUN FOODPARK PEKANBARU)

HIDAYATUL HUSNA, - (2024) PENGARUH KEPEMILIKAN SERTIFIKASI HALAL DAN DAYA SAING PRODUK TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PELAKU UMKM (STUDI KASUS RAUN RAUN FOODPARK PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HIDAYATUL HUSNA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayatul Husna (2024) : Pengaruh Kepemilikan Sertifikasi Halal dan Daya Saing Produk Terhadap Tingkat Pendapatan Pelaku UMKM (Studi Kasus Raun Raun Foodpark Pekanbaru) Raun Raun Foodpark Pekanbaru hadir sebagai tempat kuliner yang menghadirkan suasana alam asri dan teduh, dipadukan dengan variasi hidangan lezat dari berbagai daerah. Raun Raun Foodpark yang telah menjadi ikon baru wisata kuliner di Kota Pekanbaru telah dibuka sejak 2019 yang dikelola oleh PT Guna Bangun Wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Raun Raun Foodpark. Jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu Simple Random Sampling dengan rumus Slovin yaitu berjumlah 64 sampel. Pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah menggunakan IBM SPSS Statistics versi 29.0.2.0. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data pada penelitian ini menggunakan,uji deskriptif, uji instrumen penelitian,uji asumsi klasik,uji hipotesis, uji regresi linear berganda dan uji koefisien determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil dari analisis uji t yang telah dilakukan pada penelitian ini untuk variabel kepemilikan sertifikasi halal (0,001) lebih kecil dibandingkan dengan dari alpha 5% (0,05) atau thitung = 4,013 > ttabel = 1,670. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka ditolak H01 dan diterima Ha1 untuk variabel kepemilikan sertifikasi halal. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel kepemilikan sertifikasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan pelaku UMKM. Sedangkan hasil dari analisis uji t untuk variabel daya saing produk (0,020) lebih kecil dibandingkan dengan dari alpha 5% (0,05) atau thitung = 2,389 > ttabel = 1,670. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka ditolak H02 dan diterima Ha2 untuk variabel daya saing produk dengan demikian variabel daya saing produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan pelaku UMKM. Hasil dari analisis uji F yang telah dilakukan pada penelitian ini diperoleh bahwa nilai Fhitung sebesar 35,204 > Ftabel sebesar 3,148 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, maka H03 ditolak dan Ha3 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemilikan sertifikasi halal dan daya saing produk secara simultan atau bersama-sama terhadap tingkat pendapatan pelaku UMKM (Studi kasus Raun Raun Foodpark) Kata Kunci : Sertifikasi Halal, Daya Saing, UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD ALBAHI2026028002muhammadalbahi@yahoo.co.id
Thesis advisorMUSLIM2005057207muslimkhansa72@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:36
Last Modified: 07 Aug 2024 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84069

Actions (login required)

View Item View Item