Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Sinergi Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Halal Di Sungai Emas Desa Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar menurut Ekonomi Syariah"

Sukma Safitri (, - (2024) Sinergi Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Halal Di Sungai Emas Desa Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar menurut Ekonomi Syariah". Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

ABSTRAK Sukma Safitri (2023):"Sinergi Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Halal Di Sungai Emas Desa Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar menurut Ekonomi Syariah" Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat yang antusias membangun wisata halal di Sungai Emas Desa Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, dimana di desa Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten kampar masih sangat kental dengan budaya islaminya, maka dari itu dengan penuh kesadaran masyarakat setempat untuk membangun dan mengembangkan objek wisata halal. Tidak hanya untuk memajukan budaya islami tetapi juga untuk menaikan pendapatan daerah melalui objek wisata halal tujuan penelitian untuk mengetahui konsep,sinergi dan prespektif ekonomi syariah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang beralokasikan di Desa Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah pengelolah wisata halal serta aparat desa yang membangun objek wisata halal sebanyak 20 orang dan penulis mengambil sampel sebanyak 20, dengan pengelolah wisata halal sebanyak 16 orang dan aparat desa sebanyak 4 orang, mengambil sampel dengan menggunkan teknik total sampling. Data yang digunakan data Primer, data Sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik Analisa data yang digunakaan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Konsep, sinergi pemerintah dalam pengembangan wisata halal disungai emas di Desa Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar memiliki konsep yaitu wisata halal yang mana pemandian antara laki-laki dan perempuan dipisah, musholah serta toilet yang tidak bercampur adapun sinergi yang dilakukan pemerintah dan masyarakat yaitu terdapat koordinasi dan komunikasi yang dijalin kedua belah pihak untuk mengembangkan wisata halal serta memberikan kenyaman pengunjung dan tinjauan ekonomi syariah terhadap sinergi pemerintah dan masyarakat dalam mengembangakn sungai mas sesuai dengan prinsip syariat islam yang mana tempat pemandian seharusnya dipisah antara laki-laki dan perempuan karena berkumpul dengan yang bukan muhrim sangat dilarang oleh islam serta produk yang di jual belikan memenuhi syarat islam. Kata kunci: Sinergi pemerintah dan Masyarakat dan Wisata Halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMadona Khairunisa, -2018098602,madonakhairunisa@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMuslim,, -,2005057207muslimkhansa72@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:57
Last Modified: 26 Jul 2024 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83570

Actions (login required)

View Item View Item