Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDIT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU

APRILIA AYUNINGSIH, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDIT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada pembelajaran bahasa indonesia kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain penelitian none-equivalent control group design. Populasi mencakup seluruh siswa kelas V yang berjumlah 78 orang dengan sampel penelitian kelas V Al-Halim sebagai kelas eksperimen dan kelas V Al-Fattah sebagai kelas kontrol, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis karangan narasi. Penelitian ini menggunakan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 2,353 , dan nilai tabel dengan taraf signifikan 5% dan df=26, sebesar 1,676, dengan demikian maka thitung > ttabel yang berarti terdapat perbedaan pada keterampilan menulis karangan narasi sebleum dan sesudah treatment. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDIT Raudhaturrahmah Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Mind Mapping, Keterampilan Menulis Karangan Narasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWELLI MAERLISA, -2013049101wellimarlisa@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:43
Last Modified: 25 Jul 2024 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83520

Actions (login required)

View Item View Item