APRILIA AYUNINGSIH, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDIT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada pembelajaran bahasa indonesia kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain penelitian none-equivalent control group design. Populasi mencakup seluruh siswa kelas V yang berjumlah 78 orang dengan sampel penelitian kelas V Al-Halim sebagai kelas eksperimen dan kelas V Al-Fattah sebagai kelas kontrol, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis karangan narasi. Penelitian ini menggunakan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 2,353 , dan nilai tabel dengan taraf signifikan 5% dan df=26, sebesar 1,676, dengan demikian maka thitung > ttabel yang berarti terdapat perbedaan pada keterampilan menulis karangan narasi sebleum dan sesudah treatment. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDIT Raudhaturrahmah Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Mind Mapping, Keterampilan Menulis Karangan Narasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 07:43 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 07:43 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83520 |
Actions (login required)
View Item |