Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TALKING CHIPS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 PEKANBARU

Nadia Almira, Nadia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TALKING CHIPS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh meodel pembelajaran cooperative tipe talking chips terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Adapun metode kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivesme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian. Poulasi dalam penelitian ini adalah jumlah siswa kelas XI IPS di SMAN 10 Pekanbaru dengan jumlah populasi sebanyak 140 Siswa. jumlah sampel Penelitian yang dilakukan oleh penulis jumlah sampel 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif Kuantitatif, , Uji Linearitas, Uji Normalitas dan Uji Korelasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode pembelajaran cooperative script tipe talking chips terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi tergolong Baik yaitu 74.22%. Tergolong baik karena berada pada rentang interval 61% - 80% dikategorikan baik. Dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara medel pembelajaran cooperative tipe talking chips terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 0.433 atau 43,3% sedangkan sisanya 56,7% diterangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYULIA NOVITA1013066801yulia.novita@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Cooperative Talking chips, Keaktifan Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2024 06:27
Last Modified: 20 Jul 2024 06:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82634

Actions (login required)

View Item View Item