Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-MANAR PUJUD

MUHAMMAD IHSAN, - (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-MANAR PUJUD. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD IHSAN- KECUALI BAB IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB IV- IHSAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ihsan, (2024) : Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Kesulitan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Kelas XI di Madrasah Aliyah Swasta Al-Manar Pujud Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Lingkungan sekolah dan kesulitan belajar dengan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta Al- Manar Pujud. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar Kelas XI di Madrasah Aliyah Swasta Al-Manar Pujud. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif adalah menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul sebagaimana adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2,dan XI IPS 3 . Sedangkan sampel berjumlah 55 orang dan penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh karna sampel dalam penelitian ini diambil dari semua populasinya. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket dan dokumentasi. . Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh Lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar di Madrasah Aliyah Swasta Al-Manar Pujud dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 54,7%. Begitu pula hasil analisis yang diperoleh dari variavel X2 kesulitan belajar terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh Kesulitan belajar terhadap motivasi belajar di Madrasah Aliyah Swasta Al-Manar Pujud dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,9%. Besarnya pengaruh lingkungan sekolah dan kesulitan belajar terhadap motivasi belajar sebesar 27,9% sedangkan 72,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian lingkungan sekolah (x1) dan kesulitan belajar (x2) diketahui Fhitung sebesar 11.427 dengan nilai signifikansi 0,00 sedangkan nilai Ftabel pada tabel distribusi dengan tingkat kesalahan 0,5% adalah sebesar 3,17. Hal ini berarti bahwa Fhitung ≥ Ftabel (11.427 ≥ 3,172) dengan nilai signifikansi 0,00 ≤ 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan sekolah (x1) dan variabel kesulitan belajar (x2) terdapat pengaruh simultan yang positif terhadap variabel motivasi belajar (y), yang berarti lingkungan sekolah dan kesulitan belajar memiliki pengaruh simultan yang positif terhadap motivasi belajar siswa Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Kesulitan Belajar, Motuvasi Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalmiah, -2017119101Salmiah@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:28
Last Modified: 26 Jul 2024 01:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82614

Actions (login required)

View Item View Item