Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUA MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDIT AL IZHAR SCHOOL PEKANBARU

NUR IFO ARNISHA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUA MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDIT AL IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran think pair share yang dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas V Abu Bakar SD IT Al-Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 32 siswa dan objeknya adalah model pembelajaran think pair share dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai ratarata siswa dalam mengemukakan pendapat hanya mencapai 34,37 atau tergolong dalam kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi 65,62 atau tergolong baik. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 84,37 atau tergolong dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pelajaran IPAS di kelas V SD IT Al-Izhar School Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Mengemukakan Pendapat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAFI'AH, -2012086401syafiah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:27
Last Modified: 19 Jul 2024 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82563

Actions (login required)

View Item View Item