SRI IMELDA, - (2024) PENGEMBANGAN TEKNIK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MODEL INQUIRY TRAINING PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (893kB) |
||
|
Text
TESIS SRI IMELDA.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sri Imelda, (2024): Pengembangan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Inquiry Training Pada Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengembangan teknik pembelajaran Inquiry Training pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP kota Pekanbaru; 2) Mendeskripsikan implementasi teknik pembelajaran Inquiry Training pada Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP kota Pekanbaru; 3) Mendeskripsikan dampak pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan model Inquiry Training dalam pembentukan karakter religius siswa kelas VIII di SMP kota Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kota Pekanbaru semester I Tahun Ajaran 2023/2024, yaitu SMP YLPI Pekanbaru, SMP IT Bunayya, SMP IT Juara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research). Pada penelitian ini, peneliti akan mengembangkan teknik pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis model Inquiry Training, yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Instrument penelitian terdiri dari tes hasil belajar dan angket karakter religius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan teknik pembelajaran Inquiry Training telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas; 2) Implementasi teknik pembelajaran Inquiry Training pada Pendidikan Agama Islam, ditinjau dari: a) Rata-rata nilai hasil belajar pada uji coba di SMP YLPI Pekanbaru sebesar 81,78, b) Rata-rata nilai hasil belajar pada uji coba di SMP IT Bunayya sebesar 82,29, dan c) Rata-rata nilai hasil belajar pada uji coba di SMP IT Juara sebesar 82,59; 3) Hasil angket karakter religius peserta didik menggunakan perangkat pembelajaran dengan teknik pembelajaran Inquiry Training, ditinjau dari: a) Rata-rata nilai hasil belajar pada uji coba di SMP YLPI Pekanbaru sebesar 70,82, b) Rata-rata nilai hasil belajar pada uji coba di SMP IT Bunayya sebesar 80,78, dan c) Rata-rata nilai hasil belajar pada uji coba di SMP IT Juara sebesar 84,04. Kata Kunci: Pengembangan teknik pembelajaran, Inquiry Training, karakter religius siswa
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:38 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82557 |
Actions (login required)
View Item |