Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN TEPUNG BEKICOT SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS INTERIOR TELUR PUYUH (Coturnix coturnix japonica)

AZIMAH ISNA BR SIREGAR, - (2024) PEMANFAATAN TEPUNG BEKICOT SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS INTERIOR TELUR PUYUH (Coturnix coturnix japonica). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PEMANFAATAN TEPUNG BEKICOT SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS INTERIOR TELUR PUYUH (Coturnix Coturnix Japonica) Azimah Isna Br Siregar (11880123110) Dibawah bimbingan Evi Irawati dan Muhamad Rodiallah INTISARI Puyuh merupakan salah satu jenis unggas yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan ditingkatkan produksinya. Selain menghasilkan daging, puyuh juga menghasilkan telur untuk memenuhi kebutuhan protein hewani bagi masyarakat. Kualitas telur pada umumnya dihubungkan dengan kondisi isi telur, meliputi putih dan kuning telur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan tepung bekicot sebagai substitusi tepung ikan dalam ransum terhadap Kualitas Interior Telur Puyuh (Coturnix coturnix japonica) seperti indeks putih telur, indeks kuning telur dan HU. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus 2023 di kandang percobaan ternak, UARDS (UIN Agricultural Reasearch and Development Station) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri atas 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu P0 (100% Ransum basal), P1 (5% tepung bekicot), P2 (10% tepung bekicot) dan P3 (15% tepung bekicot). Parameter yang diamati terdiri atas indeks putih telur, indeks kuning telur dan HU. Hasil penelitian ini menunjukkan substitusi tepung ikan dengan tepung bekicot hingga 15% tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap indeks putih telur (0,139-0,146 mm), indeks kuning telur (0,453-0,470 mm) dan haugh unit (92,16-93,21 mm). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa substitusi tepung bekicot hingga level 15% dalam ransum basal puyuh petelur dapat mempertahankan kualitas interior telur puyuh meliputi indeks putih telur puyuh, indeks kuning telur puyuh dan nilai HU telur puyuh. Kata kunci: Bekicot, tepung bekicot, telur puyuh, tepung ikan, indeks putih telur, indeks kuning telur, haugh unit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEVI IRAWATI2020027801eviirawati2013@gmail.com
Thesis advisorMUHAMAD RODIALLAH2016128301muhamad.rodiallah@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:14
Last Modified: 19 Jul 2024 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82414

Actions (login required)

View Item View Item