Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN BUKU SAKU TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI PADA SISWA SMAN 2 KECAMATAN KELAYANG

MUTIARA PRANSISKA, - (2024) PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN BUKU SAKU TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI PADA SISWA SMAN 2 KECAMATAN KELAYANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengetahuan gizi merupakan aspek kognitif yang menunjukkan pemahaman responden tentang ilmu gizi. Tingkat pengetahuan gizi seseorang akan menentukan perilaku maupun sikap dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi dan pada akhirnya mempengaruhi keadaan gizi individu tersebut. Buku saku gizi yaitu salah satu media cetak yang memberikan informasi terkait gizi dan memperluas pengetahuan remaja terkait gizi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi buku saku gizi terhadap peningkatan pengetahuan gizi pada siswa SMAN 2 Kecamatan Kelayang. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Juli 2023 di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kelayang dengan pendekatan eksperimental semu. Sampel penelitian sebanyak 73 responden, yang diambil dengan teknik total sampling. Penelitian dilakukan dengan berbagai tahap, yaitu pre test dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan gizi pada remaja dengan nilai rata-rata pre test 63,56 dan post test 87,87. Hasil analisis paired simple T-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara pengetahuan gizi pada siswa SMAN 2 Kecamatan Kelayang sebelum dan sesudah pemberian buku saku gizi dengan nilai signifikan p=0,000 (p<0,05). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan yang signifikan antara pengetahuan gizi pada siswa sekolah menengah atas sebelum dan sesudah pemberian buku saku gizi pada siswa SMAN 2 Kecamatan Kelayang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSofya Maya2005089002sofyaomay@gmail.com
Thesis advisorYanti Ernalia1015068504yantiernalia@yahoo.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.3 Nutrisi, Ilmu Gizi
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Gizi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:13
Last Modified: 19 Jul 2024 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82383

Actions (login required)

View Item View Item