Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU

FITRI ANNITA PRATAMA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRI ANNITA PRATAMA.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK viii Fitri Annita Pratama (2024): Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan dan lingkungan sahabat kita melalui penerapan model pembelajaran quantum learning di kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengemukakan pendapat, ide ataupun gagasan dan siswa kurang berani dalam menyampaikan hasil pemikirannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran quantum learning dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema peristiwa dalam kehidupn dan lingkungan sahabat kita pada muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan yaitu persentase yang di peroleh 48,91% atau tergolong kurang karena pada rentang <75%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan memperoleh 58,04% atau tergolong kurang karena berada pada rentang <75%. Pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan persentase yang diperoleh 79,67% yang tergolong cukup karena pada rentang 75%-83%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYasnel, -Yasnelyasnel@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:25
Last Modified: 18 Jul 2024 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82246

Actions (login required)

View Item View Item