Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PJBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 46 PEKANBARU

FIKA LAILATUL MUSTAFIDAH, - (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PJBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 46 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP Negeri 46 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam belajar, kurangnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat, dan guru kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Sedangkan sampel berjumlah 82 orang, yaitu siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS statistic 23.0 for windows. dapat disimpulkan bahwa Model Projek Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa pada kelas eksperimen dengan mengunakan Model Projek Based Learning (PJBL) memperoleh kategori lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan rata-rata kemampuan Pemecahan Masalah siswa pada kelas eksperimen 90,65, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 80,17. Selain itu hasil uji hipotesis di peroleh nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 dan diketahui untuk nilai t_(hitung ) 7,508 lebih besar dari nilai t_tabel Yaitu 1,664, maka H_0 Di tolak dan H_a Di terima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSukma Erni, -2015056801sukma.erni@uin-suska.ic.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:02
Last Modified: 17 Jul 2024 05:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82123

Actions (login required)

View Item View Item