Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI USABILITY APLIKASI STREAMING FILM PRIME VIDEO MENGGUNAKAN METODE POST STUDY SYSTEM USABILITY QUESTIONNAIRE (PSSUQ)

Monalisa Indriani, - EVALUASI USABILITY APLIKASI STREAMING FILM PRIME VIDEO MENGGUNAKAN METODE POST STUDY SYSTEM USABILITY QUESTIONNAIRE (PSSUQ). Jurnal Algoritma. ISSN E-ISSN: 2302-7339 | P-ISSN: 1412-3622 (In Press)

[img]
Preview
Text
Laporan Tugas Akhir.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Aplikasi Prime Video merupakan salah satu aplikasi layanan streaming konten video, film, acara TV, dokumenter dan film lokal yang menarik melalui berbagai perangkat (baik aplikasi maupun website) dengan kualitas tayangan HD. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna terhadap aplikasi ini, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap usability aplikasi prime video untuk mengetahui kepuasan pengguna dan mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh pengguna seperti desain aplikasi yang kurang menarik, tidak adanya fitur pilihan resolusi sehingga kualitas video tergantung jaringan pengguna dan beberapa permasalahan lainnya. Oleh karena itu, dilakukan evaluasi usability untuk mengetahui feedback dari pengguna dengan menggunakan metode PSSUQ. PSSUQ digunakan sebagai instrumen penelitian yang terdiri dari 16 butir pertanyaan yang berfokus pada 4 kategori penilaian dalam konsep usability yaitu System Usefulness (Sysuse), Information Quality (InfoQual), Interface Quality (InterQual), dan Overall. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada pengguna aplikasi Prime Video sebanyak 96 orang responden dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui Google form. Hasil rata-rata pada penelitian ini diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan pada 4 kategori usability pada PSSUQ yaitu sebesar 2.97. Dimana pada kategori InterQual diperoleh nilai rata-rata sebesar 2.97, dimana InterQual aplikasi Prime Video memiliki nilai melebih batas atas dalam skala yang ada, sehingga dalam hal ini kualitas tampilan yang disajikan sudah baik. Pada kategori SysUse diperoleh nilai rata-rata yang paling rendah sebesar 2.96 yang artinya beberapa pengguna masih ada yang merasa kesulitan dalam menggunakan dan mempelajari aplikasi Prime Video dengan baik. Maka dapat disimpulkan bahwasannya aplikasi Prime Video yang dilihat dari segi kegunaan sistemnya, pengguna merasa cukup puas terhadap penggunaan dan kebutuhan pengguna pada aplikasi Prime Video.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTENGKU KHAIRIL AHSYAR, -2020058501tengkukhairil@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:55
Last Modified: 15 Jul 2024 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81512

Actions (login required)

View Item View Item