Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 001 TERATAK

SITI AMINAH, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 001 TERATAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI AMINAH.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Aminah, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science terhadap Literasi Sains Siswa pada Muatan Pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 001 Teratak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model children learning in science terhadap literasi sains siswa pada muatan IPA siswa kelas V di SD Negeri 001 Teratak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis quasi eksperimen dengan menggunakan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 001 Teratak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V.B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model children learning in science sebesar 91,2 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 69,9. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 11,76 dan nilai ttabel sebesar 1,69 pada taraf signifikasi 0,05 sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak yang memberi kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model children learning in science terhadap kemampuan literasi sains siswa di kelas V SD Negeri 001 Teratak. Kata Kunci: Children Learning in Science, Literasi Sains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD ILHAM SYARIF2030089501mdilhamsf@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:42
Last Modified: 12 Jul 2024 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81384

Actions (login required)

View Item View Item