Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DAN KOMPETENSI APARATUR PENGELOLA DANA DESA TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA PRESPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi kasus Di Desa Simpang Beringin Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan)

REGIYAN MAULA YUDISTIAN, - (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DAN KOMPETENSI APARATUR PENGELOLA DANA DESA TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA PRESPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi kasus Di Desa Simpang Beringin Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Regiyan Maula Yudistian (2024) : Pengaruh Kepemimpinan Kepala Desa dan Kompetensi Aparatur Pengelola Dana Desa terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Prespektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Simpang Beringin Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya akuntabilitas terkait pemanfaatan dana Desa terkhususnya pengalokasian dana untuk meningkatkan pembangunan desa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala desa dan kompetensi aparatur pengelola dana desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Simpang Beringin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala desa dan kompetensi aparatur pengelola dana desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Simpang Beringin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ststistik deskriptif dengan lokasi desa Simpang Beringin. Adapun teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu penentuan sampel apabila semua anggota popolasi digunakan sebagai sampel dengan sebanyak 62 responden.Dengan teknik pengumpulan data yaitu metode angket dan sumber data primer dan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik statistik inferensial. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa kepemimpinan kepala desa dan kompetensi aparatur desa secara simultan berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Sementara itu secara parsial kepemimpinan kepala desa tidak berpengaruh dan kompetensi aparatur desa berpengaruh.Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis. Uji F diperoleh nilai F hitung dan F tabel sebesar (46,341 > 3,15) dengan nilai signifikan (0,00 < 0,05) sementara untuk uji t kepemimpinan kepala desa memperoleh t hitung dan t tabel sebesar (0,385 < 2,00100) dengan nilai signifikan (0,702 > 0,05), dan kompetensi aparatur desa t hitung dan t tabel sebesar (9,364 > 2,00100) dengan nilai signifikan (0,00 < 0,05). Secara Ekonomi Syariah kepala desa dalam kepemimpinannya sesuai dengan prinsip syariah karena kepala desa memiliki hubungan kerja dan transparansi yang baik dengan seluruh bawahannya dan berusaha mengedepankan kepentingn masyarakat, sedangkan kompetensi aparatur pengelola dana desa juga sudah menerapkan prinsip syariah dengan mengedepankan karakter islam sidiq, amanah, fathonah dan tabligh dalam menjalankan tugas. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Desa, Kompetensi Aparatur Pengelola Dana Desa, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAHPAWI2007037301syahpawi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDESI DEVRIKA DEVRA2027127304desi.devrikadevra@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Jul 2024 05:09
Last Modified: 11 Jul 2024 05:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81279

Actions (login required)

View Item View Item