Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN ( Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Pekanbaru)

Imam Pandapotan (2014) EFEKTIFITAS UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN ( Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektifitas undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan (Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Pekanbaru) terfokus pada pasal 55 tentang pnyelesaian sengketa wajib dikeluarkan oleh BPSK paling lama dalam 21 hari kerja. Penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian ke BPSK, Karena BPSK merupakan Lembaga yang berwenang menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha diluar pengadilan. Merupakan Badan public yang menjalankan fungsi peradilan secara eksklusif di bidang perlindungan konsumen, Badan ini dibentuk atas dasar amanat dari Undang-undang No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Tempat dalam penelitian ini yaitu BPSK Kota Pekanbaru, adapun tujuannya yaitu untuk mengetahi efektivitas BPSK dalam melindungi hak-hak konsumen di Kota Pekanbaru berdasarkan Undang-Undang No. 8 pasal 55 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris ( yuridis sosiologis). Permasalah yang sering timbul dalam penyelesaian sengketa perlindungan konsumen merupakan rumitnya berperkara pada pengadilan Negeri sehingga konsumen sering sekali tidak melanjutkan permasalahannya kelembaga yang berwenang. Keberadaan BPSK dalam permasalahan ini sangat dibutuhkan, karena prosedur penyelesaian sengketa di BPSK sangat sederhana karena paling lama dalam waktu 21 hari kerja BPSK harus mengeluarkan putusan tersebut, tetapi kenyataanya, proses penyelesaian sengketa di BPSK menghabiskan waktu lebih dari 21 hari kerja, terutama dalam penyelesaian sengketa melalui Arbitrase.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 03 Oct 2016 07:09
Last Modified: 03 Oct 2016 07:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8118

Actions (login required)

View Item View Item