Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Literasi Digital dan Minat Membaca terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis.

Bodi Hartobaran,, - (2024) Pengaruh Literasi Digital dan Minat Membaca terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Bodi Hartobaran, (2024): Pengaruh Literasi Digital dan Minat Membaca terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan minat membaca terhadap hasil belajar siswa di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Swasta Cendana Mandau kelas XI berjumlah 101 siswa, sedangkan sampelnya sebanyak 69 siswa dari siswa yang beragama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) literasi digital berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (3.716 > 1.99) dengan nilai sig. 0,000 < 0,005, dengan besar kontribusi 17,1%, 2). Minat membaca berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (3.365 < 1.99) dengan nilai sig. 0,001 < 0,005, dengan besar kontribusi 14,5%, 3). Literasi digital dan minat membaca secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai Fhitung > Ftabel (7.327 < 3.13) dengan besar kontribusi 18,2%. Ini berarti sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 18,2%. Uji F hitung yang menguji kebenaran hipotesis 3 menyatakan bahwa kedua variabel literasi digital dan minat membaca secara simultan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis. Diperoleh nilai f hitung sebesar 7.327 dan nilai signifikansi f hitung sebesar 0.001. Hal ini menunjukkan bahwa literasi digital dan minat membaca secara simultan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci: Literasi Digital, Minat Membaca, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRisnawati2004036502risnawati@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAmirah Diniaty2075111502amirah.diniaty@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:52
Last Modified: 10 Jul 2024 03:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81029

Actions (login required)

View Item View Item