Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE TO EARNING RATIO (PER) TERHADAP HARGA SAHAM PT. BTPN SYARIAH

PUTRI MAHARANI, - (2024) PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE TO EARNING RATIO (PER) TERHADAP HARGA SAHAM PT. BTPN SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Putri Maharani (2024) : PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE TO EARNING RATIO (PER) TERHADAP HARGA SAHAM PT. BTPN SYARIAH Salah satu instrumen pasar modal yang memotivasi para investor untuk berinvestasi adalah saham. Harga saham pada PT. BTPN Syariah mengalami penurunan harga saham di beberapa tahun terakhir. Salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat harga saham adalah Return On Asset, Earning Per Share, dan Price to Earning Ratio. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset, Earning Per Share dan Price to Earning Ratio terhadap harga saham pada BTPN yang go publik di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder, berupa laporan keuangan BTPN dari 9 tahun, Populasi pada penelitian ini adalah data keuangan PT. BTPN Syariah dari tahun 2015-2023 yang mana setiap tahunnya terdiri dari 4 laporan keuangan triwulan, terdiri dari 36 sampel, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial bahwa Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh terhadap harga saham, Earning Per Share berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham dan Price to Earning Ratio berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Sementara secara simultan atau bersama-sama variabel Return On Asset, Earning Per Share dan Price to Earning Ratio berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan analisis ekonomi syariah pada BTPN Syariah investasi saham diperbolehkan selama itu merupakan saham biasa bukan saham preferen atau yang mengandung riba. Dan transaksi di BTPN Syariah sudah sesuai Fatwa DSN MUI No.4 Tahun 2000 karena meskipun barang tidak ada pada saat akad dilakukan, barang tersebut sudah diwakilkan pembeliannya oleh nasabah, dengan Bank melakukan penyerahan uang tunai Kata Kunci : Return On Asset, Earning Per Share, dan Price to Earning Ratio, Harga Saham, dan Analisis Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. SYAHPAWI, S.Ag, M.Sh, Ec, -2007037301syahpawi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDARNILAWATI, S.E, M.Si., -2020047902darnilawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:13
Last Modified: 09 Jul 2024 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80954

Actions (login required)

View Item View Item