Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI WEBSITE BENIHBAIK.COM DALAM MEMFASILITASI PENGGALANGAN DANA DAN BERDONASI SECARA ONLINE (CROWDFUNDING)

DENAYA KHAIRUMMY, - (2024) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI WEBSITE BENIHBAIK.COM DALAM MEMFASILITASI PENGGALANGAN DANA DAN BERDONASI SECARA ONLINE (CROWDFUNDING). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

BenihBaik.com adalah platform situs dan aplikasi crowdfunding terpercaya, terkurasi, dan terverifikasi di Indonesia. Platform ini berperan sebagai jembatan antara pemberi donasi dan penerima donasi, menyediakan berbagai jenis kegiatan donasi dan penggalangan dana di bidang kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, UMKM, lingkungan, dan lainnya. Crowdfunding adalah proses mengumpulkan sejumlah kecil uang untuk proyek atau usaha oleh sejumlah besar orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat efektivitas komunikasi website BenihBaik.com dalam memfasilitasi penggalangan dana dan berdonasi secara online. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan melalui Google Form kepada 100 responden, dipilih berdasarkan teknik sampel probabilitas. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dengan bantuan program SPSS versi 29. Efektivitas komunikasi website BenihBaik.com dinilai berdasarkan variabel-variabel dari model efektivitas komunikasi Andre Hardjana, yang meliputi penerima pesan (receiver), isi pesan (content), media komunikasi (media), format pesan (format), sumber pesan (source), dan ketepatan waktu (timing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas komunikasi platform ini dalam memfasilitasi penggalangan dana dan berdonasi online dinilai sangat efektif, dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,34. Detail per variabel menunjukkan penerima pesan (receiver) sebesar 3,36, isi pesan (content) sebesar 3,41, media komunikasi (media) sebesar 3,21, format pesan (format) sebesar 3,41, sumber pesan (source) sebesar 3,37, dan ketepatan waktu (timing) sebesar 3,31

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurdin, -2020066601nurdin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:13
Last Modified: 10 Jul 2024 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80875

Actions (login required)

View Item View Item