Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS FISIK SILASE RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum CV. MOTT) DAN LEGUM INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) DENGAN RASIO DAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA

RISKIA NOVIANA, - (2024) KUALITAS FISIK SILASE RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum CV. MOTT) DAN LEGUM INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) DENGAN RASIO DAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV RISKIA NOVIANA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV RISKIA NOVIANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

KUALITAS FISIK SILASE RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum CV. MOTT) DAN LEGUM INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) DENGAN RASIO DAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA Riskia Noviana (12080120847) Di bawah bimbingan Jepri Juliantoni dan Eniza Saleh INTISARI Rumput gajah odot (Pennisetum purpureum cv. Mott) merupakan salah satu rumput unggul karena produksi kualitas cukup tinggi, palatable, mudah dibudidayakan, tahan penyakit dan mampu beradaptasi pada kondisi lingkungan yang bervariasi. Legum yang dapat digunakan pada pola tanaman campuran adalah Indigofera (Indigofera zollingeriana). Indigofera adalah jenis leguminosa yang sangat potensial dikembangkan sebagai hijauan pakan ternak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pH dan kualitas fisik silase rumput odot dan indigofera dengan lama penyimpanan berbeda. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli – Desember 2023 di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan 18 sampel dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola Faktorial. Faktor A yaitu rasio terdiri dari A1 (100% indigofera), A2 (50% indigofera + 50% rumput odot), A3 (100% rumput odot) dan Faktor B yaitu lama penyimpanan yang terdiri dari B1 (0 hari), B2 (7 hari), B3 (14 hari) dengan masing-masing 2 ulangan. Parameter yang diukur adalah pH, aroma, warna, tekstur dan keberadaan jamur. Hasil penelitian menunjukkan interaksi yang berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01). terhadap pH, tekstur dan keberadaan jamur. Rasio yang berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan pH, aroma, warna, tekstur dan keberadaan jamur. Lama penyimpanan yang berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pH, aroma, warna, tekstur dan keberadaan jamur. Perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah pada perlakuan A2B2 (3,03) karena memiliki tekstur lembut mudah dipisahkan dan karena memiliki tekstur kasar mudah dipisahkan, keberadaan jamur (4,05) tidak ada dan pH (4,82) karena memiliki pH yang baik. Kata kunci: kualitas fisik, Indigofera, pH, rumput odot, silase.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJepri Juliantoni2013079001jeprijuliantoni@ymail.com
Thesis advisorEniza Saleh0006095908UNSPECIFIED
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:45
Last Modified: 08 Jul 2024 04:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80798

Actions (login required)

View Item View Item